Education...Need or Not? ~ Mind's of a Man Here

11.2.09

Education...Need or Not?

. 11.2.09

Pendidikan merupakan hal menjadi satu tujuan bagi banyak orang di Indonesia dan dunia. banyak orang berpikiran dengan mindset (pola pikir) seperti ini: "sekolah yang bener, dapet nilai bagus, cepet lulusnya, abis itu langsung diterima di perusahaan yang bonafid ataupun pemerintah biar dapet jaminan masa depan." yah itulah mindset yang banyak terdapat pada lingkungan saya dari dulu sampai detik ini. hanya saja yang menjadi pertanyaan adalah: "apakah jaminan dengan gelar tinggi maka jaminan masa depan tercapai?" saya rasa tidak.kenapa saya berkata demikian, karena sudah banyak sekali ditemukan fakta yang mengatakan banyak Orang besar Indonesia maupun dunia tidak mengenyam bangku pendidikan yang cukup tinggi.
saya ambil contoh Bill Gates, saya yakin tokoh dunia yang satu ini sudah sangat dikenal sekali dalam dunia maya,pendiri Microsoft Corporation ini terkena drop out dari kuliahnya sebelum dia menyelesaikannya, namun dia sudah menjadi orang terkaya didunia pada umurnya yang masih sangat muda yaitu 32 tahun.Wow!
lalu selanjutnya kita lihat lagi salah satu tokoh yang sudah tidak asing lagi bagi pencinta sepakbola khususnya Liga Inggris,beliau bernama Roman Abramovich. si pemilik Chelsea ini telah menjadi yatim piatu semenjak umur 3 tahun, dan dia tidak sempat menyelesaikan kuliahnya, dia mengambil cuti untuk menjalankan bisnisnya, yaitu bisnis yang membuat dia menjadi salah satu orang terkaya didunia.
nah, kalau kita lihat kedua contoh ini,keduanya tidak memiliki latar belakang pendidikan yang tinggi, tapi mereka bisa menjadi orang yang sukses didunia ini. walaupun tidak saya pungkiri banyak juga orang sukses dunia yang memiliki gelar tinggi, dan mereka juga sukses. tapi yang menjadi pertanyaan bagi saya adalah: "Anda punya ga temen yang kuliahnya tinggi sekali, tapi melakukan pekerjaan atau bisnis yang sukses tapi berbeda bidang dengan gelar kuliahnya?atau mungkin itu anda sendiri?"
kalau jawabannya iya, buat apa dong sekolah kalau ujung-ujungnya tidak terpakai juga?kadang memang menjadi sebuah dilema besar saat kita dihadapkan pada sebuah realita kehidupan, dimana kebutuhan akan perut lebih besar daripada kebutuhan akan idealisme, rekan-rekan mahasiswa pasti banyak mengalaminya,dimana saat kuliah memiliki idealisme tinggi terhadap bidangnya, tapi saat sudah bekerja, yang ada dipikiran: "yang penting gajinya bagus deh" hehehe... saya juga mengalami seperti itu...
tapi satu hal yang penting adalah, pendidikan menurut saya sangat penting sekali, tapi bukan sebagai penjamin anda sukses dimasa depan,karena pendidikan seharusnya bisa digunakan untuk melihat peluang yang ada di masyarakat, bukannya kita menjadi fanatik terhadap pendidikan tersebut. maksud fanatik, saya ambil contoh lagi yah:teman saya belum mendapat pekerjaan selama hampir 4 tahun karena idealisme dia terhadap gelarnya.
jadi kesimpulan yang saya bisa berikan, pendidikan tetap penting tapi bukan suatu jaminan kesuksesan... apakah teman-teman berpendapat sama dengan saya?

16 komentar:

KEMENTERIAN DESAIN INDONESIA mengatakan...

wah kasihan ya temenmu itu :(

Anonim mengatakan...

hmm ... mungkin memang benar mas apa yang di katakan mas bayu , salam kenal ya mas ..

teman saya ... sarja pertanian UGM , tetapi sukses karena dia membuka studio band di kota saya ...

jadi ilmu yang selama ini dia pelajari hampir di katakan tidak ada hubungannya sama sekali dengan apa yang sedang dia kerjakan sekarang ...

yang saya bingung dari semua pernyataan mas bayu itu ...


"klo kuliah dan pendidikan tinggi tidak menjamin semua kesuksesan lalu apa yang menjadikan dan menjamin orang itu bisa sukses ?"

terima kasih mas :P

# Obat Kanker usus mengatakan...

kuliah dan sekolah seeeeeetinggi tinggiiinya memang tidak menjamin seseorang bisa sukses...
yang menentukan itu adalah takdir yang telah digariskan tuhan, nasib, perjuangan dia sendiri untuk mencapai sukses itu...

# obat kanker darah mengatakan...

yang berpendidikan lah yang sukses

Pengobatan Tradisional Kanker Usus Kronis mengatakan...

Kalau menurutku yang punya fikiran cerdas, kreatif dan pastinya kerja keras yang akan bikin sukses .. dan satu lagi do'a+niat :D
Betul tidak ? hihih

bisnis online gratis mengatakan...

Wah infonya bermanfaat sekali nih sob, saya bakal berkunjung lagi nanti, semoga sukses

nice sob

flash card gratis mengatakan...

Terima kasih atas artikel yang sudah dibagi sangat jelas sekali maksud dan tujuannya

Unknown mengatakan...

Terima Kasih sudah membuat potingan di blog . Sangat bermanfaat sekali silahkan kunjungi tautan kami di :
Madu Anak Super
Madu Anak Cerdas
Jual Madu Anak Super
Pusat Jual Madu Anak Super
Jual Madu Super
Madu Anak Super
Jual Madu Anak
Toko Madu Anak
Agen Madu Anak Super
Distributor Madu Anak Super
Habbacino
Minuman Habbacino
Jual Habbacino
Minuman Sehat Habbacino
Agen Habbacino
Herbal Habbacino
Jual Habbacino Murah
Habbacino Murah
Agen Habbacino
Distributor Habbacino
Anak Habbats
Produk Kesehatan
Pusat Jual Herbal
Grosir Obat Herbal
Jual Obat Traditional
toko Jual Herbal
Jual Madu anak
Nutrisi Untuk cerdas
madu dan anak
Nutrisi yang alamiah

habbats mengatakan...

Terima Kasih sudah posting artikel yang bermanfaat. Semoga Sukses dan Silahkan Klik Tautan Dibawah Ini
MaduHabbatussaudaJual Minyak HabbatussaudaMinyak ZaitunProduk HabbatsProduk HerbalObat HerbalHabbatussauda Dosis TinggiHabbats.co.idHabbatsAozora Shop Onlinetoko onlineJual Baju AnakJual Baju BayiJual Baju DewasaJual Sepatu BayiJual Sepatu anak AnakJual Sepatu DewasaJual Perlengkapan BayiJual Perlengkapan Anak AnakJual Perlengkapan DewasaTupperwareTupperware MurahTupperware UpdateTupperware Bandung juaraJual TupperwareKatalog TupperwareJual Online TupperwareTupperware ResepTupperware katalog baruRaja Tupperware BandungCollection TupperwareMadu Anak SuperMadu Anak CerdasJual Madu Anak SuperPusat Jual Madu Anak SuperJual Madu SuperMadu Anak SuperJual Madu AnakToko Madu AnakAgen Madu Anak SuperDistributor Madu Anak Super

kantor jasa translator mengatakan...

terima kasih informasinya

Unknown mengatakan...

Artikel nya mantap gan, silakan di baca gan. terima kasih
ASLIDOMINO.COM AGEN DOMINO ONLINE UANG ASLI TERPERCAYA INDONESIA


DADUPOKER.COM AGEN JUDI POKER DOMINO BANDARQ ONLINE TERPERCAYA DI INDONESIA

Jual Filter Air mengatakan...

hahaha nice sob

Jual Penjernih Air mengatakan...

sukses bukan hanya diliat dari materi bos, pendapat orang tentang kesuksesan pribadi pasti beda-beda

Jual Penyaring Air mengatakan...

pendidikan tetap penting bro, kalau pinter bisa puter otak untuk bisa sukses. Masalah bill gates, dia tidak selesai kuliah bukan karena dia bodoh, tapi memang ada kesempatan lain. Jangan mengambil kesimpulan hanya dari kulitnya saja..

Sewa Mobil Surabaya mengatakan...

Artikel yang Sangat bagus. Ini memberikan saya banyak Pengetahuan

lasoul mengatakan...

punten ini judul blognya apa ya ... tapi isinya keren sih makasih ya

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 

Dimana aja y...

Numpang Lewat


ShoutMix chat widget

Blogger Penuh Dedikasi

Mind's of a Man Here is proudly powered by Blogger.com | Template by Agus Ramadhani | o-om.com